Monday, October 28, 2013

Dampak Perubahab Budaya terhadap Kehidupan Masyarakat

Dampak Perubahab Budaya terhadap Kehidupan Masyarakat
   Perubahan budaya sebenarnya merupakan suatu sistem yang wajar terjadi di dalam kehidupan masyarakat.Namun demikian,sering terjadi pada kasus-kasus tertentu,perubahan tersebut menimbulkan adanya sikap pro atau setuju dan kontra atau tidak setuju dari individu atau kelompok masyarakat tertentu.Pertentangan sikap semacam ini akan menimbulkan terjadinya konflik atau ketegangan dalam kehidupan bermasyarakat.Contohnya,pada awal pelaksanaannya,program keluarga berencana menimbulkan sikap pro dan kontra.
   Perubahan budaya juga menimbulkan dampak yang positif dan dampak yang negatif.Contoh yang positif,modernisasi pertanian rakyat yang mengubah pola pertanian untuk konsumsi (memenuhi kebutuhan sendiri) menjadi pola pertanian produksi (memenuhi kebutuhan pasar).Dampaknya adalah kesejahteraan hidup pertanian menjadi meningkat.Contoh yang negatif,modernisasi pertanian rakyat berdampak hilangnya mata pencaharian beberapa jenis pekerjaan buruh tani.Misalnya,pemakaian traktor pembajak sawah dan penggunaan mesin penggilingan beras,menyebabkan hilangnya pekerja kasar disawah dan hilang pula tukang menumbuk padi dengan lesung dan alu.Dampak negatifnya adalah hilangnya tradisi gotong-royong karena diganti oleh sistem upah yang lebih ekonomis dan lebih produktif.
   Di negara-negara yang sedang berkembang,termasuk Indonesia,perubahan budaya mengacu ke arah modernisasi melalui proses sebagai berikut ini:
  1. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.Dalam proses ini pengetahuan dan teknologi tradisional yang sederhana terdesak oleh penerapan pengetahuan dan teknologi modern,yang umumnya berasal dari barat (Eropa dan Amerika).
  2. Pengembangan pertanian rakyat.Terjadi pergeseran dari sistem pertanian untuk keperluan sendiri menjadi pertanian untuk pasar.Para petani mengolah tanah dan ternaknya tidak semata-mata untuk keperluan konsumsi sendiri,akan tetapi dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar untuk mendapatkan uang.
  3. Industrialisasi.Dalam proses ini terjadi pergeseran pemakaian tenaga kerja manusia dan hewan kepada pemakaian sumber tenaga buatan (energi bahan bakar batu bara,minyak bumi,tenaga listrik)
  4. Urbanisasi.Dalam proses ini terjadi arus perpindahan penduduk dari daerah pedesaan ke daerah perkotaan.
    Dalam banyak kasus di Indonesia,arus Urbanisasi terjadi juga dari kota-kota kecil menuju kota-kota besar seperti Jakarta,Bandung,Surabaya,dan Medan.
    Bersamaan dengan terjadinya modernisasi,akan terjadi banyak perubahan dalam berbagai segi kehidupan masyarakat antara lain sebagai berikut:
  1. Makin pudarnya unsur-unsur adat dan kebiasaan tradisional lainnya
  2. Ikatan kerabat luas atau keluarga besar semakin melemah dan bergeser ke arah keluarga inti atau keluarga batih.
  3. Munculnya bentuk-bentuk integrasi formal di bidang politik,pemerintah,hukum, ekonomi dan perserikatan-perserikatan dll.
  4. Kemajuan dibidang pendidikan dengan berkembangnya kesempatan belajar serta bertambahnya tenaga ahli dan terampil sebagai kaum terpelajar.
  5. Sejalan dengan semakin pesatnya modernisasi di bidang teknologi komunikasi dan trasportasi,semakin pesat pula arus dinamika penduduk dan arus informasi dari satu daerah kedaerah lainnya.

No comments:

Post a Comment