Tuesday, June 25, 2013

PENGERTIAN BUDAYA

A.Pengertian Budaya

              Secara Harafiah kata Budaya berasal dari bahasa Sansekerta  Buddhayah yaitu bentuk jamak dari Buddhi yang berarti BUDI/AKAL. Budaya dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan Akal.
            Ada juga Para Ahli  menyatakan bahwa budaya berasal dari kata Budi-Daya yang berarti Daya dari Budi,jadi kata budaya atau daya dari budi itu berarti Cipta,Karsa,Rasa.

            Budaya sabagai kata benda sebenarnya merupakan terjemahan dari culture (Inggris) atau cultuur (Belanda).kata-kata asing tersebut berasal dari bahasa latin cultura yang berarti Pemeliharaan,Pengolahan,dan Penggarapan tanah.Menurut Kaidah bahasa Indonesia,kata budaya dapat menjadi kebudayaan sebagai kata sifat.

          Defenisi Budaya Menurut beberapa Ahli adalah sebagai berikut:
 1.) Sir Edwar Burnett Taylor,seorang Ahli Antropologi dari Inggris,pada tahun 1871 untuk pertama kalinya mendefenisikan budaya secara rinci sebagai Pengetahuan,Kepercayaan,Kesenian,Hukum,Moral,Kebiasaan dll.kecakapan yang diperoleh manusia sebagai anggota Masyarakat.
2.)Prof.Dr.Koentjaraningrat,Seorang Ahli Antropologi dari Indonesia yang besar jasanya dalam Pengembangan Antropologi di Indonesia,mendefenisikan Budaya sebagai seluruh sistem Gagasan dan Rasa,Tindakan,serta Karya,yang dihasilkan Manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang dijadikan miliknya dengan cara belajar
3.)William A.Haviland,seorang ahli Antropologi America,mendefenisikan Budaya sebagai seperangkat peraturan yang standar,yang apabila dipenuhi atau dilaksanakan oleh anggota masayarakatnya akan menghasilkan perilaku  yang dianggap layak dan dapat diterima anggota Masyarakatnya

          Dari beberapa defenisi di atas maka, dapat disimpulkan sbb:
- Adanya Unsur-unsur budaya berupa perilaku yanbg nyata di satu pihak adanya unsur-unsur budaya berupa Nilai-nilai,Kepercayaan,Norma,Perilaku dan Manusia.
- Budaya dimiliki Bersama oleh seluruh anggota Masyarakat pendukung Budaya yang bersangkutan.
- Budaya terbentuk sebagai Hasil Belajar.

 

No comments:

Post a Comment